Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Pangsa Pasar Busana MUslim Di Semarang Berkembang Pesat

Menurut Ina Priyono, perancang busana muslim asal Semarang, dalam Berkah Obrolan Sahur Ramadan 1429 H di lobi Hotel Ciputra, saat ini perkembangan busana muslim sudah sangat pesat. Pangsa pasarnya di Semarang pun sangat bagus. Apalagi remaja sekarang suka memakai baju muslim.

Hal ini  memberi dampak positif bagi para pebisnis untuk mengembangkan peluang bisnis busana muslim yang terbuka lebar. Dibanding dengan Yogyakarta dan Bandung, Kota Semarang masih sangat tertinggal untuk busana muslim.

Hal itu disebabkan karena kurang banyaknya toko-toko atau outlet-outlet yang menyediakan baju muslim.

”Mungkin juga karena terbatasnya desainer busana muslim, atau mungkin juga sumber daya manusia untuk busana muslim yang masih kurang,” kata dia dalam acara yang dimoderatori oleh Achiar M Permana dari Suara Merdeka.
Menutup Aurat Dijelaskan Ina, busana muslim adalah busana yang harus sesuai dengan kaidah Islam yaitu harus tertutup semua aurat, menggunakan jilbab, panjang baju atasan harus di bawah pantat, tidak boleh ketat, harus longgar tapi juga nyaman dipakai.

Lantas bagaimana agar rapi tetap tampil cantik dan menarik dengan busana muslim? Menurut Ina, memakai busana muslim bukan berarti kuno atau tidak modis. Busana muslim bisa dimodifikasi dengan berbagai macam aksesoris dan kain. ”Misalnya batik dikasih tule, tule dikasih kaos, lalu pakai lipit-lipit atau kimono, bisa juga sabuk. Saat ini yang lagi tren adalah batik yang dimodifikasi dengan berbagai macam kain,” tuturnya.

Tantangan desainer busana muslim saat ini lebih banyak pada pembuatan kebaya muslim. Apalagi sekarang banyak pengantin muslim memilih menggunakan baju pengantin yang dimodifikasi dengan kebaya dan busana muslim.

”Ini yang sekarang jadi minat banyak orang. Rata-rata, sekarang kebaya modifikasi sudah panjang. Kalau yang remaja memang suka yang pendek,” imbuh Ina yang sejak 2006 mulai menggeluti busana muslim modifikasi.
Ditambahkan, orang Semarang lebih menyukai baju yang simpel, tidak banyak aksesoris.

3 September 2009 - Posted by | busana muslim | , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: