Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Busana Muslim Aju Isni Karim

Menurut Isni,  pertama-tama yang harus diperhatikan dalam berbusana muslim adalah apakah busana muslim yang akan dipakai itu sudah sesuai atau belum. Seperti tidak menerawang, menutup tubuh dengan baik dan lain-lain. Setelah dirasa sudah sesuai, baru dirasakan apakah nyaman atau tidak.

”Busana muslim harus nyaman dipakai, karena pemakaiannya harus tertutup dari atas ke bawah, apalagi di Indonesia udaranya tropis,” jelas salah satu pengajar di Klub NOVA ini. Baru setelah itu memikirkan trend atau gaya.
Supaya busana muslim kelihatan gaya,  pemakai dituntut  kreatif.   ”Jangan pasrah saja, tetapi harus kreatif dan bisa memadu-padankan busana kita,” ujar wanita kelahiran Malang ini. Banyak majalah atau acara di televisi yang bisa menjadi masukan dan inspirasi dalam berbusana.

Kadang-kadang, orang yang  baru pertama kali memakai busana muslim merasa tidak pantas,  di luar kepribadiaan, atau merasa kehilangan jati dirinya.  ”Prinsipnya, busana muslim itu adalah pakaian sehari-hari, cuma agak lebih panjang saja,” jelasnya.
Pada dasarnya, wanita dengan segala kegiatan bisa memakai baju muslim. Ia mencontohkan,  ada instrurktur senam yang minta saran, bagaimana ia bisa mengajari senam, tanpa meninggalkan busana muslim.”Saya sarankan memakai kerudung panjang lalu dibulatkan seperti yang sering dipakai Huges, dan ternyata cocok,” jelas ibu 3 anak ini.

Banyak wanita yang merasa menjadi lebih gemuk ketika memakai kerudung. Menurutnya, pertama kali yang harus dilihat adalah bahan dari kerudung.  Kerudung dengan bahan tebal dan kaku, sangat berisiko membuat yang memakainya kelihatan lebih gemuk karena memberi kesan penuh ”Sebaiknya memakai bahan yang lentur, jatuh melambai dan tidak licin seperti sutra crepe atau paris,” jelas Isni yang bersama Irna Mutiara, dan Tia Wigati mendirikan perusahaan khusus busana muslimah.

Selain itu, ciput atau dalaman kerudung harus menutup penuh telinga serta petnya harus sesuai dengan bentuk wajah. Misalnya kalau dahinya kecil, pilih pet kecil. Demikian juga yang dahinya besar, disarankan memakai pet besar. ”Selain itu, untuk menghindari kesan gemuk, sematkan kerudung di bawah dagu, jadi pipinya terpotong,” jelas penulis beberapa buku antara lain: Gamis New Look, Muslim Bride’s Choice, The Power of Mix & Match,  The Make Over Rahasia Rias Sempurna, dan  Kerudung: Inspirasi Gaya Pengantin Modern.
Warna kerudung juga harus diperhatikan. Menurutnya, jika memakai kerudung warna abu-abu atau cokelat, sebaiknya wanita tersebut harus memakai bedak dan lipstik supaya kelihatan lebih cerah. Tapi kalau warna kerudung yang dipakai sudah cerah seperti pastel, salem, biru langit atau pink, pemakai tidak harus memakai bedak dan lisptik. ”Cuma, kesegaran kulit wajah harus selalu dijaga, supaya lebih cerah,” jelasnya.

Menurut Isni, pada dasarnya warna kulit dibagi dua yaitu hangat dan dingin. Orang Indonesia sebagian besar termasuk kulit yang hangat yaitu cenderung kuning. Untuk kulit  hangat sebaiknya memakai kerudung dengan warna matahari, cream, kuning, salem dan toska. Sedangkan kulit dingin adalah kulit yang kalau terkena matahari menjadi gosong berubah merah. Kulit dingin cocok memakai kerudung yang berwarna ungu, pink, dan biru.
Untuk memberi kesan berisi untuk wanita kurus, sebaiknya memakai detail yang memberi efek volume seperti frill, bordir-bordir dominan, dan aksen pita. Ada juga wanita yang merasa menjadi lebih tua dengan kerudung. “Sebaiknya busana muslim yang dipakai harus lebih bergaya dan lebih ’muda.’  ”Misalnya memadukan celana jins dengan long tunik dan ditambah rompi.

Bisa juga memakai celana jins pipa lurus, dipadukan dengan rok mini selutut dan kaos panjang,” terangnya sambil menambahkan warna cerah dan memakai kerudung yang detailnya simple bisa menjadikan si pemakai lebih ceria.

Untuk busana muslim di bulan puasa, sebaiknya memakai kain  yang berpori-pori lebih besar seperti katun atau sutra. ”Puasa biasanya dehidrasi, maka harus memakai bahan yang lebih nyaman, dan hindari memakai kerudung yang agak ketat karena panas,” tegas istri Doddy Hendarto ini.

Untuk aksesoris, Isni tidak menyarankan penggunaan kalung untuk wanita yang memakai kerudung panjang menutup dada karena terlalu ramai.
Untuk lebaran, busana muslim bisa dibuat lebih gaya dan tampak lain. Misalnya memadupadankan legging (celana ketak bahan kaos) dengan kain batik yang dililitkan di di pinggang plus atasan  kebaya. ”Aksesorisnya bisa memakai bros dan kalung,” jelas Isni mengakhiri pembicaraan.

Sumber : klubnova.tabloidnova.com- Written by R. Suryanto

10 July 2009 - Posted by | info, Tips

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: