Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Berbisnis Busana Muslim

Bisnis busana muslim di Indonesia saat ini semakin subur, terlihat dari meningkatnya antusiasme kaum perempuan untuk memakai busana muslim, yah walaupun musim puncak penjualan telah lewat (lebaran kemarin) tapi tidak ada salahnya saya menawarkan ide bisnis usaha busana muslim yang ternyata bisa sangat menguntungkan.

Saya sendiri tidak bergerak di bisnis ini, namun istri saya sudah 3 bulan bekerja di salah satu butik busana muslim di Bandung, dan saya baru tahu ternyata tidak susah untuk memulai usaha semacam ini. Yang paling penting kemauan menjalani resiko, inovasi desain dan trik pemasaran.

Kalo kita lihat persyaratan busana muslim ya sebetulnya busana yang syar’i, sesuai dengan ketentuan agama Islam yaitu menutupi aurat. Ya kalo di Indonesia, mungkin definisi yang tepat mengenai syar’i atau tidaknya pakaian mungkin bisa jadi bahan perdebatan yang panjang, karena kadang-kadang sudah pake busana muslim pun masih terlihat lekuk2 tubuh, yang mana pemegang paham Islam tertentu mungkin tidak akan setuju..

Melihat perkembangan tren busana muslim, ternyata kaum perempuan semakin selektif untuk memilih busana yang mereka pakai. Jadi membaca tren busana yang berkembang amat penting untuk kelangsungan usaha.

Untuk bisnis busana muslim pun bervariasi, antara lain produksi kerudung , bisnis busana muslim kelas butik (kualitas lebih tinggi), busana muslim biasa (kualitas rendah-sedang), bisnis busana muslim anak, membuat pakaian sarimbit (pakaian sepasang untuk laki2 dan perempuan dengan desain yang matching).. ya semua ini punya market tersendiri.

Tak perlu punya modal besar untuk berbisnis ini, terkadang ada yang memulai bisnis ini dengan hanya berjualan secara kredit keliling kampung, namun bisa mengembangkan usahanya hingga omzetnya jauh meningkat.

Ehm, jika anda berniat memproduksi busana muslim dan sekaligus membuka tokonya, maka saran saya antara lain memilih bahan baku yang murah tapi berkualitas (sehingga ada selisih keuntungan yang tinggi antara biaya dan harga jual). Kemudian untuk masalah jahitan, anda bisa melemparkan order kepada penjahit-penjahit. Penjahit pun beragam kualitasnya, ada yang biasa melakukan pekerjaan secara kodian maupun berkualitas butik dengan pengerjaan yang lebih teliti dan berkualitas.

Desain busana juga amat esensial dimana anda harus menciptakan desain original. Jangan lupa mendaftarkan nama atau merk usaha sehingga desain anda dilindungi hak ciptanya. Kalo anda bingung dengan desain busana, anda bisa merekrut ahli desain dari sekolah tata busana, biasanya mereka sudah terlatih.

Setelah produk sudah ada, maka yang anda harus pikirkan adalah menjualnya. Anda bisa menyewa ruangan untuk display produk Anda. Sesuaikan lokasi penjualan dengan target konsumen produk Anda. Kalau baju yang ingin anda jual adalah baju butik, ya lokasi pun harus ditempat ramai dan bila perlu di daerah sedikit elit. Kalau busana yang murah meriah hingga sedang, anda menyewa ruangan di sentra2 pedagang busana (kalo di Bandung kan ada Pasar Baru di kota Anda apa ya?).

Lebih banyak lagi sih yang harus dipikirkan dalam bisnis ini, saya sengaja menggantungkan saja dulu sampe sini deh..

Tapi yang penting dalam pemasaran produk anda harus berupaya dengan berbagai macam cara, cobalah anda promosi di koran, promosi di radio kalo bisa lakukan promosi di internet!

Promosi di internet kadang2 dilewatkan oleh pengusaha karena masih banyak yang belum melek dengan teknologinya ataupun takut ribet ngurusnya.. Tapi percayalah mulailah dengan promosi di milis-milis, lalu meningkat promosi di multiply misalnya, dan kalo udah mantap ya buka toko online aja sekalian dari awal. Banyak kok penyedia jasa yang menawarkan desain website untuk toko online berikut dengan segala macam pendukung untuk jual beli online.

3 July 2009 - Posted by | artikel, info, Tips

1 Comment »

  1. promosi di internet emang enak cuma agak sedikit repot dalam pengiriman barangnya

    Comment by alfon | 27 July 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: