Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Kasual di Hari Lebaran

“Fashion” lebaran enggak jauh dari baju-baju model tunik berlengan panjang dan model baju muslim koko. Meskipun serba tertutup, enggak menutup peluang kita-kita yang mau tampil lebih gaya!

Dulu, busana muslim banyak dibuat untuk kalangan orang tua sehingga kita-kita yang remaja pun agak riskan untuk memakai baju lebaran tersebut. Soalnya berkesan tua dan enggak fashionable. Modelnya sangat standar, yaitu baju model tunik panjang dengan bordir atau mote-mote di dada dan di ujung lengan. Bahannya pun kurang remaja, seperti sifon atau bahan tipis yang dibuat berlapis-lapis agar menjuntai.

Memang, busana muslim ini ada sejak ratusan tahun yang lalu. Awalnya dari bangsa Arab yang menyebar ke berbagai negara dalam rangka berdagang sekaligus penyebaran agama Islam. Akhirnya, ketika sampai di Indonesia, busana muslim pun teradopsi dan diadaptasi.

Semakin berkembang dan semakin maju bangsa Indonesia ini, semakin banyak pula remaja seperti kita-kita yang sadar akan berpakaian muslim. Para perancang busana muslim pun melihat peluang ini. Sebut saja, Fenny Mustafa, pemilik butik Shafira, yang khusus membuat busana muslim. Selain membuat baju-baju muslim untuk kalangan dewasa, Fenny Mustafa juga membuat baju-baju muslim untuk remaja.

Selain itu, ada Heidy, yang khusus merancang baju-baju muslim buat remaja. Bahkan, dia sempat membuat buku mix and match baju-baju muslim untuk remaja.

Model baju-baju muslim remaja yang akhirnya kita pakai sebagai baju lebaran ini dibuat lebih stylish, seperti pemakaian renda di leher, motif bordir yang tidak melulu berbentuk bunga, lebih pas di badan, warnanya lebih colorful, dan pemakaian bahan yang mudah menyerap keringat (katun).

Buat kita yang enggak bisa jauh dari jins, sekarang banyak pula rancangan baju muslim yang dibuat dari bahan jins tersebut, tetapi dengan serat yang lebih tipis. Kalau kita ingin ber-sleeveless-ria, juga bisa lho. Tetapi, tetap kita sediakan dalaman berupa kaos lengan panjang.

Untuk padu padan, bawahannya pun enggak harus dari bahan yang sama dengan atasannya. Kita tetap bisa memakai jins atau bahan favorit kita yang lain.

“Cool” koko

Bagaimana dengan baju-baju muslim untuk para cowok? Perkembangannya hampir sama dengan baju-baju muslim untuk cewek. Baju-baju koko (pengaruh dari bangsa China) tidak harus selalu putih lagi, tetapi, sudah lebih berwarna-warni. Bordirannya pun tidak selalu bermotif mosaik, tetapi banyak juga yang bermain grafis.

Bedanya dengan baju-baju muslim cewek, baju-baju cowok ini lebih simpel, tidak banyak bermain bentuk, karena cowok juga enggak suka yang ribet-ribet. Iya enggak.

Itang Yunasz, selaku perancang senior, juga membuat baju-baju muslim khusus remaja cowok sampai eksekutif muda. Produksi Itang Yunasz, yang diberi label Preview ini, bisa kita dapatkan di sejumlah ITC di Jakarta maupun kota-kota di luar Jakarta dengan harga terjangkau.

Lebaran tinggal empat hari lagi, sudah siap kan berpenampilan yang lebih stylish?

WENDY Tim Muda- Kompas

1 July 2009 - Posted by | artikel, info

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: