Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Busana Muslim dan Kebudayaan Populer di Indonesia: Pengaruh dan Persepsi

Abstraksi
Sejak kebangkitan Islam di seluruh dunia yang mulai pada tahun 1970’an, busana Muslim menjadi populer di Indonesia.

Pada masa lalu, hubungan di antara agama Islam dan politik Indonesia kurang begitu harmonis. Pemerintah mencoba menghambat dukungan agar syariah Islam dilaksanakan di Indonesia. Akibatnya, penduduk Indonesia tidak suka fanatisme Islam. Oleh karena itu, perempuan yang memakai busana Muslim dianggap sebagai orang fanatik, dan memakai busana Muslim dianggap sebagai perlawanan terhadap negara Indonesia. Tetapi, suasana agama menjadi lebih terbuka sesudah kebangkitan Islam. Sejak saat itu semakin banyak perempuan yang memakai busana Muslim.

Ternyata berbusana Muslim sudah diterima oleh masyarakat dan sudah dianggap sebagai hal yang biasa. Busana Muslim menjadi unsur kebudayaan populer di Indonesia, dan industri busana Muslim berkembang pesat. Karena berbusana Muslim menjadi populer di Indonesia, ada orang yang berpendapat arti-arti agama berpendapat bahwa berbusana Muslim sudah hilang, tetapi ternyata pendapat ini tidak benar. Orang-orang ini tidak menyadari bahwa seseorang bisa berbusana Muslim sambil mendapat kesenangan dari tindakan itu, dan kesenangan tidak harus memperkecil alasan agama. Kalau meneliti industri busana, harus memahami semua lapis-lapis industri itu, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi busana Muslim.

Profil-profil tentang orang yang membuat dan mendistribusikan busana Muslim – misalnya perancang mode Islam, seorang tailor busana Muslim, dan pemilik toko busana Muslim – memberi informasi tentang industri busana Muslim di antara konteks agama, sosial, politik dan ekonomi di Indonesia. Cara mengiklankan busana Muslim, melalui majalah, televisi dan koran tabloid dengan jelas memberi kesan bahwa perempuan teladan di Indonesia adalah perempuan yang berbusana Muslim.

Dari profil-profil itu bisa mendapat gambaran yang lebih dari hanya sekedar industri busana Muslim saja, tetapi juga bisa menemukan pikiran perempuan yang berbusana Muslim tentang arti berbusana Muslim, motivasi pribadi dalam berbusana Muslim, dan apa maksud perempuan teladan di Indonesia. Semua orang-orang yang diwawancarai menunjukkan bagaimana berbusana menjadi unsur penting identitasnya, dan bagaimana mereka bisa tetap Muslimah yang taat sambil mendapat kesenangan dari praktek itu secara populer.

Posted March 12th, 2008 by malleeque
http://one.indoskripsi.com

24 June 2009 - Posted by | artikel

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: