Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Busana Muslim Pria

Busana muslim bukan hanya milik para muslimah. Namun, busana muslim bagi pria juga memiliki gaya yang terus berkembang mengikuti tren.

Seperti halnya lini busana pria kontemporer, gaya busana muslim pria pun berevolusi. Kini, bukan hanya baju koko yang dikenal masyarakat dan digunakan pada hari Jumat, pria muslim pun kerap menggunakan baju kurung ala Timur Tengah sebagai “seragam” saat menunaikan ibadah salat Jumat.

Para desainer pun jeli melihat peluang yang ada. Mereka pun berbondong-bondong menggarap busana muslim khusus pria. Maka, tidak heran bila kini, semakin banyak dijumpai varian model, potongan, serta garis desain busana muslim pria. Lihat saja koleksi yang disajikan rumah mode muslim Shafira. Fenny Mustafa, sang desainer, berusaha memberi pendekatan yang lebih etnis terhadap rancangannya.

Hal tersebut, Fenny menyebutkan, dilakukan sejalan dengan tren mode global yang cenderung mengarah ke gaya tribal dengan aroma etnik. Menurut Fenny, koleksinya tetap mengangkat kekayaan budaya Indonesia. Namun, dikemas dalam nuansa modern. “Masyarakat Indonesia itu kaya budaya dan itu sangat menginspirasi,” ujar Fenny yang lebih kental menuangkan nuansa etnik pada koleksi busana prianya.

Jangan lagi berharap melihat baju koko berwarna putih dengan hiasan bordir sederhana. Fenny justru menghadirkan koleksi kemeja kurung, baju koko dengan aksen bordir, dan sulam dalam gaya kontemporer. Kombinasinya, celana longgar atau sarung. Warnanya pun tidak lagi putih, barisan palet agresif seperti merah, ungu gelap, serta emas menyemarakkan koleksinya. Sesekali syal bermotif etnis menemani rancangannya.

“Warna yang saya gunakan memang mengeksploitasi nuansa gold dan spicy color khas Minang,” sebutnya. Sentuhan lain yang menjadikan koleksi alumnus Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS), Bandung, ini menarik adalah permainan corak yang menggabungkan antara motif songket dan sulam sungkit, baik dalam bentuk embroidery maupun aplikasi payet.

Bentukan tersebut serupa dengan rangkaian busana muslim pria yang ditampilkan Jenny Tjahyawati. Mengandalkan bahan katun yang cocok untuk busana sehari-hari, Jenny menyajikan koleksi yang lebih kasual. Busana prianya sebenarnya memiliki bentukan dasar seperti layaknya baju koko, tetapi dengan modifikasi yang lebih modern.

Gaya alternatif busana muslim juga dihadirkan Jenny melalui garis desain ala kaftan pria Timur Tengah. Dalam warna-warna kelabu yang dingin, Jenny menampilkan citra kasual pria muslim urban. Untuk mempercerah rancangannya, Jenny menggunakan warna ungu, merah, serta motif-motif etnis yang disisipkan sebagai detail.
Sementara, untuk garis rancangannya, desainer berkacamata ini memilih yang sederhana, tetapi memiliki citra maskulin yang kuat melalui permainan warna dan motif.

Busana muslim pria yang lebih kontemporer juga disajikan desainer senior Samuel Wattimena. Namun, seperti rancangan Samuel lainnya, koleksi yang dia hadirkan juga kental dengan nuansa etnis Indonesia.
Samuel mengatakan, koleksinya merupakan percampuran antara kain tradisional dan material modern yang diperkaya dengan permainan sulam.

Adapun desainer yang baru-baru ini mengikuti Pekan Mode Dubai, Itang Yunasz justru memilih pasar yang lebih besar dengan menyasar busana muslim pria bagi kelas menengah ke bawah. Di bawah label Preview, Itang memperkenalkan kemeja koko bergaya modis tetapi terjangkau. Tidak berhenti sampai disitu, Itang juga terus memperluas lininya dengan mengembangkan segmen busana muslim anak usia 4-12 tahun.

Tidak dinyana, koleksi Itang dilirik banyak orang.Bukan hanya karena koleksi tersebut digunakan oleh ustadz terkenal Jeffery Al Buchori, juga disebabkan rancangannya yang simpel dan mudah dipadu-padankan. Adapun untuk produksinya, Itang hanya mengeluarkan tiga item baru setiap minggunya atau 12 item baru per bulan.

17 June 2009 - Posted by | artikel

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: