Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Tunik Yang Mendunia

Populer dan diakrabi perempuan sejagad. Baik di catwalk, maupun di pelataran masjid. Tunik memang istimewa.

Salah seorang perancang senior Indonesia menyebut tunik sebagai ‘busana sopan’-nya kaum perempuan atau busana muslimnya perempuanMau terlihat ‘rapi’ di acara keluarga? Tunik pilihannya. Mau terlihat lebih elegan mengingat usia yang tak lagi remaja, atau ingin menyamarkan bagian-bagian tubuh yang kurang ideal? Tunik jawabannya.
Di hati perempuan muslim Indonesia sendiri, busana muslim ini menempati tempat spesial. Popularitasnya sebagai busana sehari-hari cukup tinggi di banding gamis yang menurut sejarahnya merupakan salah satu busana muslim yang klasik.

busana muslim ef-ha Sentuhan Desainer
Seperti kita tahu, tunik adalah blus longgar dan panjang. Siluetnya bisa H atau A dengan panjang bervasiasi. Setengah paha, selutut, atau setengah betis. Di masa style sudah menjadi kebutuhan, wujudnya menyusaikan diri dalam banyak rupa. Dulu, mungkin perbedaan antara model yang satu dengan yang lain hanya terletak pada potongan leher, lengan, atau penempatan detail. Kini eksplorasinya lebih menyeluruh.
Di setiap pergantian trend, tunik muncul memperlihatkan wajah barunya. Masih ingat tahun 2001 yang lalu, ketika demam bohemian melanda? Blus-blus longgar panjang a la gipsy, yang popular dengan sebutan paysant blouse menjadi penanda kemodern-an masa itu. Musim semi 2006, Twinkle meluncurkan tunik rajut kaya warna dipadukan dengan legging. Koleksinya terlihat segar, dan mampu menghilangkan kesan berat pada tubuh pemakainya. Lantas pada tahun 2007, ditangan Prada, Balenciaga, serta Dolce&Gabana—tunik muncul dalam wujud-wujud yang mengejutkan. Bahan yang bervariasi, juga padu padan yang efektif membangun kesan tubuh.
Bagaimana dengan tahun mendatang? Diramalkan tunik tetap berjaya. Lihat saja Dior dengan koleksi resort 2008 yang telah mulai dilansir. Tunik dianggap cukup santai dan chic untuk menemani liburan penuh gaya.

Menyelamatkan Bentuk Tubuh
Banyak masalah bentuk tubuh terpecahkan berkat busana ini. Cek problem yang Anda hadapi, dan temukan model yang paling tepat:

Pinggul & pantat lebar
Tunik berpotongan semi A. Hindari kupnat belakang yang ketat

Perut berlipat
Tunik dilengkapi band longgar di bagian pinggul, atau yang bermodel blouson. Pilihan lain, tunik berpotongan princess.

Torso pendek
Warna tunik yang kontras dengan bawahan.
Boyish (bahu lebar, tegap)
Tunik berlengan raglan (potongan lengan memotong bahu yang biasa diterapkan pada busana olahraga).
Asal Tunik
Dalam bahasa latin, tunik atau tunic dikenal dengan sebutan tunica–merupakan busana kaum laki-laki Romawi Kuno. Pada kesempatan formal biasa dikenakan di balik toga.
Sesungguhnya, fungsi tunik pada waktu itu tak sekadar pembalut tubuh, melainkan juga sebagai penanda kelas sosial pemakainya. Tentara dan pekerja kelas rendah mengenakan jenis di atas lutut. Sementara kelas lebih tinggi memilih yang ber-hemline semata kaki (extra long tunic). Kecuali akan mengendarai kuda, pilihan jatuh pada tunik yang lebih pendek.

Salah seorang perancang senior Indonesia menyebut tunik sebagai ‘busana sopan’-nya kaum perempuan. Mau terlihat ‘rapi’ di acara keluarga? Tunik pilihannya. Mau terlihat lebih elegan mengingat usia yang tak lagi remaja, atau ingin menyamarkan bagian-bagian tubuh yang kurang ideal? Tunik jawabannya.
Di hati perempuan muslim Indonesia sendiri, busana ini menempati tempat spesial. Popularitasnya sebagai busana sehari-hari cukup tinggi di banding gamis yang menurut sejarahnya merupakan salah satu busana klasik muslimah.

27 May 2009 - Posted by | Koleksi

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: