Blog Busana Muslim Kasual

Pusat Informasi Seputar Busana Muslim Kasual

Variasi Pemakaian Busana Muslim

Meski harus mengikuti kaidah agama, namun busana muslim saat ini tetap bisa bergaya fashion, melalui inspirasi warna yang dipadu-padan dengan kombinasi bordir, payet dan bulu.
Kini, busana muslim sudah menjadi bagian kebutuhan gaya hidup, tak lagi seperti dulu yang hanya digunakan untuk kepentingan acara spiritual seperti pengajian dan ritual tarawih. Penggunaan busana muslim semakin bergerak ke depan, sejalan dengan mengikuti selera pemakai yang sudah tak canggung lagi mengenakannya ke mana-mana, dari pesta ulang tahun sahabat, pergi belanja, saat santai bersama keluarga hingga ke aktivitas pekerjaan dan sukacitanya pesta.
Kebutuhan terhadap busana muslim saat ini, juga tak terhenti saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri berakhir, bahkan penggunaannya meluas hingga ke kalangan non-muslim. Pengguna busana muslim bukan lagi dari kalangan masyarakat bawah saja, ataupun kalangan ibu yang terbatas. Kini berkunjung ke kafe atau mal berbaju koko sudah biasa, atau pun para wanita memakai abaya atau gamis sudah bukan pemandangan baru di mana-mana. Anak-anak muda kini juga telah banyak mengoleksi berbagai setelan busana muslim, karena telah mengikuti tren sekarang yang bisa padu padan aneka model celana bergaya.
Semua begitu cepat berubah sekarang, sesuai dengan berbagai model busana muslim berikut detail dan motifnya yang beragam. Nuansanya pun selaras dengan gaya berpakaian orang Indonesia secara umum.
Tingkat penjualan busana muslim juga kian meningkat dengan pesat, utamanya mendekati bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, untuk keperluan tarawih, berbuka puasa bersama, ceramah kerohanian, merayakan lebaran hingga halal bihalal. Stok penjualannya bisa berlipat ganda, bahkan bisa empat kali lipat.
Di samping itu diharapkan busana muslim bisa sempurna pembawaannya dengan mengikuti kaidah agama, namun tetap bisa bergaya fashion, dan lebih jauh lagi bisa popular di pasar internasional.
Berbagai penawaran baru selalu menjadi konsep menarik yang dikeluarkan para perancang busana muslim setiap tahunnya. Apalagi, busana muslim sudah menjadi bagian pasar fashion yang menjanjikan dengan kalangan mayoritas muslim di Indonesia. Ini menandakan potensi bisnis yang menggembirakan, sekaligus menantang para perancangnya untuk selalu menghasilkan sesuatu yang baru agar menghasilkan keragaman desain fashion.
Konsep pembuatan kombinasi warna dan garis-garis rancangan terkadang menjadi agak bebas, sebagian perancangnya pun telah berani keluar dari pakem. Meski sudah pasti tak bakal melanggar persyaratan syariah Islam.
Beberapa desain baju muslim terpengaruh dari film-film asia. Sebagian besar terdiri dari blus, celana dan blazer, ataupun celana dan sarung yang tanpa kesan ribet. Beberapa celana yang muncul berdesain longgar. Sebagian blus bersiluet longgar, yang berkesan lepas dan bebas, dipadukan dengan blazer yang bersiluet serupa.
Secara garis besar, rata-rata perancang busana muslim saat ini berupaya keras agar desain rancangannya bisa menjadi pilihan yang lain, di samping pemakaian batik dan baju konvensional. Itulah mengapa perancang busana muslim selalu berpatokan dengan arah tren mode dunia. Sederhana, kasual, dengan banyak permainan warna menjadi pilihan utama tren busana muslim kali ini.
Inspirasi dapat muncul dari keindahan busana tradisional, yang dimodifikasi gaya maskulin dan modern. Hal itu dapat menjadi bagian gagasan untuk melahirkan gaya baru yang eksotis melalui jaket, tunik, celana lebar dan sarung untuk wanita.
Pada bagian lain trend busana muslim menampilkan pilihan tren terbaru dengan upaya lebih berani dalam teknik cutting. Ciri halter neck pun bisa dimungkinkan dengan penutup tambalan yang inovatif. Pengembangan yang lebih berani melihat baju modern yang transparan, maksudnya, harus diakali dengan pelapis yang malah bisa menjadi daya tarik.
Pola pencarian baru dari pengembangan busana muslim yang serasi dengan masyarakat modern terus dikembangkan perancang busana muslim Indonesia. Pilihannya kian beragam, tinggal Anda sebagai penentu yang utama.

22 May 2009 - Posted by | artikel, Tips

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: